Thursday, January 15, 2009

[Anime]Ponyo on the Cliff by the Sea (崖の上のポニョ, Gake no Ue no Ponyo)

Anime ini diproduksi tahun 2008 kemarin oleh Studio Ghibli, ditulis dan disutradai oleh pembuat anime terkenal Hayao Miyazaki, ini merupakan film ke sembilan Miyazaki untuk Ghibli. Alurnya berpusat pada seorang bayi ikan atau putri duyung di laut yang bernama Ponyo. Dia berubah menjadi seorang gadis manusia.Dalam mencapai tujuannya, Ponyo berteman dengan bocah berusia 5 tahun, Sosuke.
Ponyo lari dari rumahnya di laut, dia terdampar di tepi laut dan diselamatkan oleh Sosuke, bocah yang tinggal di karang. Sosuke sangat menyukainya dan memberinya nama Ponyo, dia berjanji akan melindungi POnyo selamanya. Sementara itu ayahnya, Fujimoto terus mencari anak perempuannya yang lari itu. Dia memanggil setan ombak untuk mengembalikan Ponyo kepadanya. Sosuke bersedih karena ini, dan pergi pulang dengan ibunya, Risa.

Ponyo bertengkar dengan ayahnya karena dia menolak dipanggil Brunnhilde, dia ingin dipanggil Ponyo saja, nama pemberian Sosuke dan ingin menjadi manusia karena dia mulai menyukai Sosuke. Akhirnya dengan bantuan saudaranya, Ponyo berhasil melarikan diri dari ayahnya dan mengubah dirinya menjadi manusia. Tentu saja akibatnya sangat buruk, menimbulkan ketidakseimbangan di dunia, terjadilah badai besar. Di tengah badai besar itu, Ponyo pergi mengunjungi Sosuke. Risa, Sosuke dan Ponyo malam itu tinggal di rumah karangnya, berharap badai segera berlalu.Sementara Risa pergi ke rumah sakit tempat dia bekerja untuk mengecek keadaan.

Granmammare, ibunya Ponyo tiba di tempatnya Fujimoto. Fujimoto memperingatkan bahwa bulan telah keluar dari orbitnya dan satelitnya telah jatuh seperti bintang jatuh. Granmammare mengatakan bahwa jika Sosuke dan Ponyo bisa melewati ujian, Ponyo bisa hidup sebagai manusia dan keadaan dunia bisa dikembalikan.
Sosuke dan Ponyo terbangun ketika mendapati sebagian dari pulaunya telah tenggelam. Risa belum juga pulang, akkhirnya dengan bantuan sihir Ponyo mereka merubah mainan perahu milik Sosuke menjadi ukuran sebenarnya dan mengendarainya untuk mencari Risa.

Setelah berlabuh dan menemukan mobil Risa yang kosong, Ponyo dan Sosuke pergi melewati tembusan. Disini Ponyo kehilangan wujud manusianya dan kembali ke wujud semula. Sosuke dan Ponyo ditangkap oleh Fujimoto dan mereka tiba dengan selamat di rumah sakit dan bertemu Granmammare. Granmammare bertanya pada Sosuke apakah dia bisa menyukai Ponyo bahkan jika dia adalah ikan atau putri duyung. Sosuke menjawab bahwadia menyukai Ponyo dalam keadaan apapun. Akhirnya Granmammare mengijinkan POnyo untuk menjadi manusia ketika Ponyo mencium Sosuke. Hmmm....so sweat..

Cerita yang cukup ringan dan anak-anak sekali, tapi yang disayangkan, kenapa anak umur 5 tahun sudah cinta-cintaan ya? begitulah Anime, memang selalu aneh. Soundtracknya juga lucu lho.

Download Soundtrack

6 comments:

  1. so sweet,tapi...kira2 gmn y filmnya?jd pgn tau..
    tapinya lagi aq setuju ank 5 th dah cinta2an.crita yg aneh..begtulah anime..
    cayo!!!

    ReplyDelete
  2. Risa/Lisa itu ibunya kandung Sosuke?

    Kok Sosuke memanggilnya dengan nama saja (Lisa)...

    Awalnya kukira dia itu kakaknya Sosuke

    ReplyDelete
  3. I love all gibli movies..tapi yang ini childish banget bahkan tehniknya pewarnaannya cuma ngadalin crayon biar cocok banget ama temanya yang child

    ReplyDelete
  4. any info on how to get the dvd in Jkt??

    ReplyDelete
  5. you can download it here is the link..
    http://www.indowebster.com/Ponyo_on_The_Cliff_by_the_Sea.html

    ReplyDelete