Tuesday, January 13, 2009

Serial Experiments Lain


Serial Experiment Lain adalah anime yang di sutradarai oleh Ryutaro Nakamura, original karakter oleh Yoshitoshi Abe. Ditayangkan di TV Tokyo mulai Juli sampai September 1998, ya agak jadul memang tapi style dan karekternya cukup keren dan gak ketinggalan jaman menurut saya. Bahkan anime ini dibuat versi game PlayStation dengan judul yang sama pada November 1998 oleh Pioneer LDC.

Lain diinspirasi oleh subjek psikologi seperti realitas, identitas, dan hubungan. Cerita berfokus pada Lain Iwakura, gadis remaja SMP yang tinggal di pinggiran kota Jepang dan pengenalannya pada the wired, komunikasi jaringan global mirip seperti Internet. Lain berasal dari keluarga kelas menengah, yang terdiri dari kakak perempuannya Mika, ibunya yang cuek, dan ayahnya yang maniak komputer.

Kejadian bermula ketika Lain mendapati teman sekelasnya menerima email dari Chisa Yomoda, seorang murid yang telah meninggal karena bunuh diri. Ternyata Lain juga menerima email dari Chisa, dia mengatakan pada Lain(di saat yang sama) bahwa dia tidak meninggal, tapi hanya meninggalkan tubuhnya dan telah menemukan Tuhan di the wired, dari sini Lain terlibat dalam pencarian yang akan membawanya semakin dalam ke dalam jaringan the wired ini.

Anime ini terpengaruh oleh topik seperti kejiwaan, sejarah komputer, kejahatan cyber dan teori konspirasi. Ya memang cerita yang sangat berat bagi yang sudah terbiasa dengan cerita yang simpel (si jahat melawan si baik). Sepintas terlihat seperti Animatrix, versi anime dari The Matrix. Bagi para komputer geek, anime ini sangat menarik karena temanya tentang cyberpunk, bahkan Lain yang seorang cwe SMP ini mampu belajar sendiri dan membangun sebuah sistem server di kamarnya.

Untuk menontonnya ya silakan hunting di toko DVD terdekat ato streaming video dari YouTube. Hmm... tentu saya tidak sepelit itu,hehe, dari hasil googling saya menemukan link untuk download lengkap 13 episode. Sampai posting ini, saya sendiri baru menonton episode 1, dan cukup membingungkan sehingga harus 2x nontonnya baru mudeng.

silakan dunlut



2 comments:

  1. sy nonton ni anime kira2 ampir 10 taunan yg lalu... jamannya masih susah cari anime :P
    keren bgt, meskipun detilnya udah agak lupa tp ini termasuk anime yg "berpengaruh" bagi sy di samping Evangelion

    ReplyDelete
  2. owh bgitu ya..,wah jadul banget, tapi tetep keren nih anime ya..,,walaupun critanya agak mikir,klo orang IT pasti suka lah..:)

    ReplyDelete